Pada kali ini kita akan membahas mengenai beberapa cara untuk mengatasi gejala penyakit diabetes, sebagai berikut :

Penyebab Diabetes

Sebenarnya yang menyebabkan gejala diabetes atau gula darah menjadi tinggi itu adalah akibat dari ketidakmampuan tubuh untuk memproduksi insulin, atau karena kurangnya produksi insulin dalam tubuh ataupun akibat insulin tidak dapat bekerja secara optimal, sehingga timbul kesulitan bagi tubuh untuk mengontrol dan mengendalikan kadar gula dalam darah. Sehingga diperlukan upaya untuk membantu tubuh supaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh yang melonjak tinggi tersebut.

Cara Menurunkan Kadar Gula Darah Secara Cepat dengan Melakukan Suntik Insulin Tepat Waktu

Cara menurunkan gula darah secara cepat yang dapat ditempuh ialah dengan segera melakukan suntik insulin. Perlu diketahui  bahwa agar supaya hasil kerja suntikan insulin tersebut dapat bekerja dengan lebih cepat, maka suntikkan insulin tersebut harus pada bagian tubuh yang tepat, yakni pada bagian perut, untuk lebih tepatnya adalah disuntikkan di atas atau di samping bagian pusar, sehingga hormon insulin tersebut akan dapat bereaksi dan bekerja dengan lebih efektif, daripada jika pemerhati kesehatan menyuntikannya di tempat atau bagian tubuh yang lainnya. Biasanya penderita diabetes atau gula darah menyuntikkan hormon insulin tersebut di lengan atas, maka kerja hormon insulin akan menjadi lambat, bahkan hal tersebut  akan menjadi lebih lambat lagi para pemerhati kesehatan, jika hormon insulin tersebut disuntikkan di bagian kaki, terlebih lagi jika hormon insulin tersebut disuntikkan di bagian pantat, maka hal tersebut menjadi paling lambat kerjanya dan sangat kurang efektif. Perlu diketahui juga bahwa cara kerja insulin adalah dengan mengirimkan sinyal ke sel lemak, otot, dan hati supaya mengambil gula darah atau glukosa dari darah dan mengubahnya menjadi gula otot atau glikogen di sel otot, trigliserida di sel lemak, serta keduanya, yakni glukosa dan trigliserida di sel hati. Sebelum menyuntikkan insulin ke dalam tubuh, perlu dilakukan tes kadar gula darah terlebih dahulu, sehingga dapat diketahui berapa dosis insulin yang tepat yang perlu disuntikkan, jika terlalu berlebihan maka akan memperberat kerja hati, atau jika terlalu sedikit maka kerjanya menjadi kurang efektif.

Cara Menurunkan Gula Darah Secara Cepat  dengan Meminum Air Putih

Cara menurunkan gula darah secara cepat berikutnya yang cukup praktis adalah dengan meminum air putih sebanyak mungkin dengan sesegera mungkin, sebab dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh itu dapat membuat cairan tubuh seperti darah menjadi lebih kental dan pekat sehingga kadar gula dalam darah menjadi meningkat. Maka metode paling bagus ialah dengan meminum air putih sebanyak-banyaknya secepatnya sebagai cara menurunkan gula darah secara cepat. Dalam tubuh nanti, maka air akan menetralisir kelebihan gula dalam darah, kemudian melalui urine atau air seni akan membuang kelebihan tersebut. Penderita diabetes sebaiknya membiasakan diri untuk banyak minum air putih, karena dalam sehari setidaknya tubuh memerlukan lebih dari delapan gelas, namun perlu juga diperhatikan dan disesuaikan juga dengan tingkatan aktivitasnya, semakin tinggi aktivitas harian, maka akan semakin banyak air putih yang harus diminum. Meminum air putih minimal delapan gelas sehari, bukan berarti  lantas sudah merasa cukup, namun apabila aktivitas cukup banyak pada hari itu, maka perlu ditambah lagi minum air putihnya.

Mengonsumsi Bawang Putih

Selain cara tersebut di atas juga masih ada cara lain yang dapat ditempuh dan dicoba, selain kedua cara tersebut di atas, yakni seperti dengan cara memakan tiga siung bawang mentah. Berdasarkan penelitian, pada percobaan dengan menggunakan kelinci dan tikus, membawa hasil bahwa bawang putih selain mampu menurunkan kolesterol, juga mampu menurunkan dan menstabilkan gula darah. Bawang putih itu rupanya mengandung sulfoxide yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan juga dapat menyembuhkan  infeksi. Kandungan allicin serta allyl propyl disulfide pada bawang putih juga dapat menghambat  produksi insulin di hati. Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai cara untuk mengatasi gejala penyakit diabetes.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *