Apakah Anda generasi milenial yang merasa kewalahan dalam mengelola keuangan? Apakah Anda mendapatkan hasil maksimal dari pekerjaan? Literasi keuangan tidak pernah diajarkan di sekolah dan sepertinya para guru lupa mempersiapkan lulusan mereka untuk mengelola keuangan dengan baik. Jadi, ketika Anda keluar dari perguruan tinggi dan memulai kehidupan nyata, itu bisa sedikit luar biasa dan tak jarang Anda akan terbelit hutang serta berbagai masalah keuangan lainnya.

Sebagian besar generasi milenial saat ini berusia 20-an dan 30-an – masa ketika banyak generasi muda siap untuk membuat keputusan masalah keuangan dalam hidup mereka, seperti kepemilikan rumah, kegiatan investasi jangka panjang, dll. Jika Anda saat ini menjadi bagian dari generasi ini, inilah kursus kilat tentang apa yang harus Anda lakukan untuk meningkatkan kesehatan finansial Anda:

Mengikuti kursus keuangan online

Karena sebagian besar generasi muda saat ini kebanyakan melek dan memiliki akses teknologi terutama teknologi internet, disarankan untuk mengambil beberapa kursus online dasar dalam bidang ekonomi, akuntansi, dan topik keuangan lainnya yang mungkin menarik bagi Anda.

Mencoba Aplikasi Pengelola Keuangan

Dengan semakin berkembangnya teknologi internet saat ini, banyak bermunculan aplikasi-aplikasi pengelola keuangan. Sebagai contoh, jika Anda ingin berinvestasi emas bisa cek harga emas menggunakan Aplikasi Cek Harga Saham Emas. Nah, dengan menggunakan aplikasi pengelola keuangan, Anda dapat mengelompokkan berbagai macam kebutuhan dan juga pengeluaran. Aplikasi keuangan dapat membantu Anda membuat anggaran yang sesuai untuk gaya hidup Anda dan pada akhirnya mengubah pola keuangan Anda. Dengan bantuan aplikasi tersebut Anda bisa menghemat pengeluaran sehingga bisa menghemat uang dan juga bisa menabung.

Gunakan Utang untuk Hal-hal Produktif

Jika Anda sudah memiliki pinjaman aktif, pastikan Anda melakukan pembayaran tepat waktu setiap bulan. Anda akan membutuhkan riwayat kredit yang baik ketika ingin melakukan pembelian besar di masa depan, seperti mobil, menyewa apartemen, dan sebagainya. Penting juga untuk diketahui bahwa jika Anda berencana membuka bisnis, kredit pribadi Anda mungkin menjadi faktor penentu dalam kemampuan Anda untuk mengakses modal kerja yang diperlukan.

Membayar Utang dengan Cerdas

Karena kita berada pada topik kredit, banyak generasi muda saat ini yang memiliki kartu kredit dengan tingkat bunga yang sangat tinggi. Fokuslah untuk melunasi hutang-hutang itu terlebih dahulu! Jika memungkinkan, transfer saldo itu ke kartu kredit dengan tarif lebih rendah.

Membangun Dana Darurat

Kejadian yang tidak direncanakan/tidak adil/tidak menguntungkan dapat terjadi dalam sekejap mata. Anda mungkin mengalami kecelakaan mobil, memiliki biaya medis yang tidak terduga atau kehilangan pekerjaan. Itu sebabnya penting bagi setiap orang untuk memiliki dana darurat. Cara terbaik ialah dengan menabung. Sisakanlah sebagian gaji Anda ke dalam rekening tabungan terpisah, dan jangan sampai digunakan jika tidak dalam keadaan terdesak.

Buat Strategi Tabungan Jangka Panjang

Saat ini ada berbagai jenis tabungan dan investasi yang tersedia dan dapat di sesuaikan dengan kebutuhan kita, seperti deposito, reksa dana, tabungan berjangka, saham dan lain sebagainya. Tabungan dan investasi bisa menjadi pilihan terbaik untuk kebutuhan finansial jangka panjang Anda. Namun, Anda harus memilih investasi apa yang tepat sesuai dengan karakter dan tipikal Anda. Misalnya, jika Anda ingin investasi emas, maka tips mendasar yang harus Anda lakukan adalah dengan melihat grafik harga emas hari ini. Selain itu, jika Anda ingin mendapatkan keuntungan yang besar dari dana yang Anda gunakan, serta pengembaliannya saat terjadi krisis, maka jangan gunakan dana untuk investasi saham, gunakanlah untuk investasi emas, karena emas bisa kita gunakan sewaktu-waktu kita butuhkan.

Gunakan kiat-kiat keuangan yang tercantum di atas untuk membuat keuangan Anda sesuai jalur. Nah, bagi Anda yang membutuhkan informasi dan tips-tips untuk membantu Anda membuat keputusan keuangan yang cerdas, Anda bisa mengunjungi https://saham.news.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *