Kamar merupakan tempat ternyaman bagi anak. Selain untuk beristirahat kamar juga tempat untuk bereksplorasi dengan dirinya sendiri. Semakin anak tumbuh menjadi besar, semakin matang pola pikir dan tingkat kreasinya. Tidak jarang tembok di rumah menjadi bahan coretan si anak karena ingin langsung menuangkan imajinasinya. Hal ini membuat rumah tidak rapi dan tidak bersih dipandang mata. Maka tempatkanlah anak di kamarnya sendiri untuk bebas berimajinasi apa yang dia ingin tuangkan dari pikirannya. Banyak hal yang bisa orang tua ciptakan untuk interior kamar anak kreatif.

Pasanglah foto anak sejak bayi sampai sekarang

Foto merupakan gambaran ulang tentang anak. Saat anak melihat foto dirinya waktu kecil, dia akan mencoba mengingat-ingat apa yang dia makan saat dia masih 6 bulan, mengingat saat dia jatuh sewaktu berlatih berjalan, mengingat saat menangis ketika kakak merebut mainannya, mengingat waktu liburan di kebun binatang sewaktu TK, dan lain sebagainya. Dengan adanya foto dan sering mengingta kejadian, maka anak berlatih untuk menguatkan ingatannya.

Gunakan cat tembok berwarna pastel

Warna pastel terkenal dengan warna yang lembut. Warna pastel misalna coral, krem, tosca muda dan pilihan warna lainnya. Warna lembut ini membuat rasa tenang jika anak sedang berisitirahat dan bisa berpikir jernih. Selain itu, jika anak sedang belajar atau menggambar memberikan nuansa hangat dan tenang. Berbeda dengan warna gelap dan mencolok, warna gelap dan mencolok akan mengganggu jika anak sedang belajar  atau menggambar. Warna terang misalnya merah, kuning, biru atau hijau elektrik. Jika lampu dinyalakan akan sangat menyakitkan mata jika menggunakan tembok warna yang sangat terang. Maka pilihlah cat tembok yang nyaman di mata saja.

Gunakan lampu kelip atau lampu natal mengelilingi tembok

Meskipun kedengarannya aneh, lampu ini membantu menemani anak jika anak tidak berani tidur dalam keadaan gelap.lampu kelip dinyalakan saaat tidur dapat diatur warnanya dan tidak menyakitkan mata sehingga masih ada sedikit cahaya yang samar-samar. Selain itu kabel kecil pada lampu bisa dipasang beberapa catatan kecil atau karya anak untuk dilihat sebagai kebanggaan tersendiri. Misalnya mencatat dalam kertas berwarna atas keberhasilannya dalam satu minggu terakhir. Dengan begitu anak bisa lebih bagus lagi dalam mencapai keberhasilannya di waktu yang akan dating. Selain itu gambar atau puisi ynag anak ciptakan bisa dipasang dengan penjepit cantik sehingga kamar menjadi artistik.

Sediakan alat tulis atau pewarna yang mudah dijangkau

Alat tulis ini berfungsi sebagai penanda atau mencatat sesuatu jika anak sedang terburu-buru. Misalnya minggu depan ayah ulang tahun dan anak akan berinisiatif memberikan kejutan special. Langsung sang anak menandai tanggal dan persiapan-persiapan yang ingin dia lakukan. Pewarna untuk membedakan kegiatan yang harus diprioritaskan dan kegiatan yang biasa saja. Hal ini dibuat untuk anak lebih memahami waktu kegiatan apa sajakah yang perlu dan penting untuk diikuti.

Pasanglah foto atau poster idola yang anak sukai

Interior kamar anak kreatif banyak foto atau poster justru bagus. Anak akan meniru sikap idolanya yang positif. Misal anak sangat menyukai penyanyi kecil yang suaranya sangat merdu, hal itu akan menambah kepercayaan dirinya dalam menyanyi sehari-hari. Meskipun belum terlalu bagus dan merdu, setidaknya anak berani mengeluarkan suaranya secara lega dan tidak malu-malu. Hal ini dapat membangun karakternya sekaligus berlatih secara mandiri.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *