Dalam mengembangkan sebuah produk dibutuhkan brand development strategy agar produk yang dipasarkan dapat berkembang dan menjadi salah satu brand yang cukup terkenal. Brand – brand yang telah terkenal memiliki banyak sekali pembeli setia yang akan selalu membeli segala produk dari brand yang sama. Nama sebuah brand memiliki arti penting dalam dunia bisnis saat ini. Nama brand menjadi acuan setiap konsumen untuk memilih produk yang mereka inginkan. Proses penyebaran informasi kualitas dari suatu produk juga biasanya melalui nama brand tersebut. Nama sebuah brand akan menjadi tenar atau tidaknya barang yang dipasarkan.

Setiap produk pasti memerlukan pengiklanan agar produk yang dijual bisa menjadi lebih diminati oleh masyarakat. Proses pengiklanan tersebut tidak hanya sebatas pengiklanan konvensional biasa yang mengandalkan televisi dan radio. Proses pengiklanan tersebut biasanya juga dilakukan melalui media  – media yang sedang banyak dibicarakan. Salah satunya adalah media sosial yang dimiliki oleh hampir semua kalangan. Media sosial telah mencakup banyak kalangan dari menengah ke atas hingga menengah ke bawah. Pengiklanan menggunakan metode ini akan membuat banyak kalangan dapat melihat produk yang sedang diiklankan. Produk – produk tersebut akan dengan mudah muncul di beranda – beranda laman media sosial mereka. Penyebaran informasi melalui media sosial juga tergolong sangat cepat. Kecepatan tersebut juga berbanding dengan omzet penjualan yang makin lama makin meningkat. Pengiklanan di media sosial juga memerlukan kata kunci yang mudah dan gampang diingat. Kata kunci tersebut adalah nama dari brand itu sendiri. Nama yang mudah diingat akan memudahkan para calon konsumen untuk mencari produk – produk yang mereka inginkan.

Untuk itu memilih sebuah nama bukan lah hal yang mudah. Nama harus memiliki filosofi yang kuat karena akan digunakan selama masa berjalannya sebuah perusahaan. Nama akan menajdi jati diri dari perusahaan itu sendiri. Menjadikan produk tersebut dapat dengan mudah dikenali walau hanya sekilas dengar saja. Untuk itu terdapat beberapa tips dalam memilih nama brand:

Nama adalah jati diri, pilih nama yang mencerminkan produk yang akan di jual.

Buat lah nama yang mencerminkan dari barang atau produk yang akan di jual. Barang – barang tersebut tentu memiliki keunikan tersendiri yang dapat dijadikan sebuah nama. Sering kali para produsen memberi nama sesuai dengan jati diri mereka. Latar belakang perusahaan tersebut biasanya juga berpengaruh pada proses pembuatan nama brand. Brand – brand yang telah mendunia memiliki filosofi yang sangat menarik jika dijabarkan secara luas. Filosofi tersebut yang harus diterapkan pada proses pembuatan nama brand ini. Nama brand harus mencakup semua visi dan misi dari perusahaan tersebut. Visi misi yang terekam jelas pada nama brand akan membuat sebuah nama memiliki kekuatan tersendiri dalam penjualannya.

Buat lah nama yang singkat

Sering kali orang membuat nama yang sangat sulit untuk di ucapkan. Untuk pembuatan nama brand ini buat lah nama singkat yang telah mencakup seluruh inti dari perusahaan. Nama tersebut bisa terdiri dari satu atau dua suku kata. Usahakan untuk tidak memakai lebih dari dua suku kata. Selain karena akan membuat konsumen kesulitan, nama dengan tiga suku kata atau lebih membuat banyak konsumen kesulitan dalam menghafal nama – nama tersebut.

Pilih nama yang kekinian dan unik

Selain mencerminkan jati diri, nama juga harus memiliki keunikan. Akan tetapi keunikan tersebut juga tetap harus mudah dalam pengucapannya. Pengucapan yang mudah dengan nama yang unik pasti akan membuat banyak orang penasaran dengan produk yang dijual. Nama – nama unik ini biasanya akan membuat banyak orang tertarik untuk mengunjungi stand – stand atau toko yang menjual produk – produk tersebut. Selain itu penggunaan singkatan – singkatan kekinian juga membuat produk yang dijual menjadi semakin terkenal di masyarakat. Penggunaan singkatan dan pengiklanan di media sosial akan membuat satu kesatuan yang kahirnya mendatangkan banyak konsumen yang penasaran dengan produk tersebut. Nama adalah ulu nadi dari suatu produk. Dengan nama yang baik maka penjualan diharapkan juga akan meningkat.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *